A.
Pengertian
Pasar Sempurna, Monopoli dan Oligopoli
-
Pasar
persaingan sempurna adalah suatu
pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan
adalah barang homogen atau barang yang sama dan penjual tidak memiliki
kebebasan dalam menentukan harga.
-
Pasar monopoli adalah suatu pasar yang hanya memiliki satu penjual saja sehingga
pembeli tidak punya pilihan dan penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan
harga.
-
Pasar oligopoli adalah pasar yang
hanya terdapat beberapa produsen didalamnya yang saling mempengaruhi dan
bersaing dalam kualitas barang.
B.
Monopoli dan Dimensi Etika Bisnis
Monopoli berasal
dari bahasa Yunani yaitu monos yang
artinya “satu” dan polein yang artinya “menjual”. Jadi monopoli adalah
kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual
produk atau komoditas tertentu dan ada hambatan bagi perusahaan atau
pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut. Penentu harga pada pasar
ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Dari
sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai nilai –
nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai ketiga
nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai hak-hak
negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.
C.
Etika
di Dalam Pasar Kompetitif
Pasar dikatakan mampu mencapai tiga
nilai moral utama:
a.
Mendorong pembelidan penjual
mempertukarkan barang dalam cara yang adil (dalam artian tertentu).
b.
Memaksimalkan utilitas pembeli dan
penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan, dan
mendistribusikan barang – barang dengan efisiensi sempurna.
c.
Mencapai tujuan – tujuan tersebut
dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk melakukan
pertukaran secara bebas.
Efisiensi di pasar bebas secara
kompetitif dalam tiga cara utama:
·
Mereka memotivasi sumber daya
perusahaan untuk berinvestasi di industri dengan permintaan konsumen yang
tinggi dan menjauh dari industri dimana permintaan rendah.
·
Mereka mendorong perusahaan untuk
meminimalkan sumber daya yang mereka konsumsi untuk menghasilkan suatu komoditi
dan menggunakan teknologi yang efisien.
·
Mereka mendistribusikan komoditi
antara pembeli sehingga mereka menerima komoditas yang paling memuaskan yang
dapat mereka peroleh, dalam kaitannya dengan komoditas yang tersedia bagi
mereka serta uang yang mereka miliki untuk membelinya.
D.
Kompetisi pada Pasar Ekonomi Global
Kompetisi global merupakan bertuk
persaingan yang mengglobal, yang melibatkan beberapa Negara. Dalam persaingan
itu, maka dibutuhkan trik dan strategi serta teknologi untuk bisa bersaing
dengan Negara-negara lainnya. Disamping itu kekuatan modal dan stabilitas
nasional memberikan pengaruh yang tinggi dalam persaingan itu. Dalam persaingan
ini tentunya Negara-negara maju sangat berpotensi dalam dan berpeluang sangat besar
untuk selalu bisa eksis dalam persaingan itu. Hal ini disebabkan karena:
1.
Teknologi yang dimiliki jauh lebih
baik dari Negara – Negara berkembang.
2.
Kemampuan modal yang memadai dalam
membiayai persaingan global sebagai wujud investasi mereka.
3.
Memiliki masyarakat yang berbudaya
ilmiah atau IPTEK
Adapun dampak positif dan negative
terhadap globalisasi, yaitu:
·
Dampak
Positif Globalisasi:
1.
Pekerjaan
2.
Pendidikan
3.
Kualitas Produk
4.
Harga lebih murah
5.
Bebasnya Arus Modal
6.
Komunikasi
7.
Transportasi
8.
Perdagangan Internasional
9. Kenaikan PDB
·
Dampak
Negatif Globalisasi:
1.
Masalah Kesehatan
2.
Kehilangan Budaya
3.
Distribusi Kekayaan yang Tidak
Merata
4.
Degradasi Lingkungan
5.
Disparitas
6.
Kompetisi Sengit
7.
Konflik
8.
Monopoli
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar